Karya Tulis Ilmiah



PERBEDAAN KEPUASAN PASIEN DI POLI BEDAH DAN POLI KANDUNGAN RUMAH SAKIT BAPTIS BATU SEBELUM DAN SESUDAH PENERAPAN SISTEM PENDAFTARAN ONLINE BERBASIS WEBSITE

Prodi : D III REKAM MEDIS DAN INFORMASI KESEHATAN
Pengarang : ADHELLA RAFTIANA WILYANDINI
Dosen Pembimbing : Gunawan, S.Kp., M.MRS
Klasifikasi/Subjek : , REKAM MEDIS,INFORMASI KESEHATAN
Penerbitan : , Malang: 2020.
Bahasa : Indonesia
PENYIMPANAN
Lokasi : ---
Jumlah : 1

Abstraksi

ABSTRAK Adhella Raftiana Willyandini. 2020. Perbedaan Kepuasan Pasien Di Poli Bedah dan Poli Kandungan Rumah Sakit Baptis Batu Sebelum dan Sesudah Penerapan Sistem Pendaftaran Online Berbasis Website. Pembimbing Utama: Gunawan, S.KP., MMRS Pendaftaran pasien Rumah Sakit Baptis Batu menggunakan sistem manual dipadukan dengan aplikasi Whatsapp belum efektif. Masalah yang sering didapatkan adalah admin harus online setiap saat, jika admin tidak dalam kondisi online maka calon pasien harus menunggu sampai admin dapat membalas pesan, sedangkan jumlah admin yang melayani hanya satu. Hal ini mempengaruhi respon time pelayanan pendaftaran, selain itu sering terjadi beberapa pasien tidak tercatat namanya pada waiting list karena pesannya tidak terbaca admin dan akhirnya berakibat pada kualitas kepuasan pasien. Sistem pendaftaran online pasien berbasis website merupakan salah satu solusi. Tujuan Penelitian untuk mengetahui perbedaan tingkat kepuasan sebelum dan sesudah penerapan sistem pendaftaran online pasien berbasis website. Desain penelitian dengan Research and Development dan aplikasi dikembangkan menggunakan model waterfall dengan metode deskriptif. Populasi infinite. Besar sampel 35 , menurut Roscoe dalam Sugiyono (2011: 90) yang layak dalam penelitian adalah antara 30 - 500. Hasil kepuasan setelah diterapkannya aplikasi sistem pendaftaran online pasien berbasis website meningkat, dibuktikan tingkat kepuasan pasien berada di tingkat puas menjadi sangat puas ( 54% menjadi 80%), dengan perincian : pernyataan tampilan sistem pendaftaran berbasis whatsApp adalah sangat puas (11%) menjadi sangat puas (83%), pada pernyataan kecepatan dan ketepatan pendaftaran berbasis whatsApp adalah sangat puas (31%) menjadi sangat puas (89%), pernyataan keamanan dan kenyamanan pelayanan pendaftaran adalah sangat puas (23%) menjadi sangat puas (74%), pernyataan lama waktu tunggu sebelum periksa adalah sangat puas (11%) menjadi sangat puas (60%), pernyataan jadwal janji periksa yang sudah dibuat adalah sangat puas (11%) menjadi sangat puas (51%). Pengukuran perbedaan kepuasan dilakukan dengan melihat frekuensi masing-masing butir kuesioner sebelum dan sesudah dengan hasil. perbedaan kepuasan pasien sebelum dan sesudah penerapan aplikasi pendaftaran online pasien. Diharapkan manajemen Rumah Sakit Baptis Batu dapat mengembangkan dan menyempurnakan aplikasi ini sesuai dengan kebutuhan rumah sakit dan pasien. Kata kunci : Kepuasan pasien, sistem pendaftaran online pasien berbasis website



Lampiran

[ Sampul Depan ]

File Lembar Pengesahan : [ Unduh ]

File Abstraksi : [ Unduh ]

File Kata Pengantar : [ Unduh ]

File Daftar Isi : [ Unduh ]

File BAB-1 : [ Unduh ]

File BAB-2 : [ Unduh ]

File BAB-3 : [ Unduh ]

File BAB-5 : [ Unduh ]

File Lampiran : [ Unduh ]