Karya Tulis Ilmiah
Informasi Detail koleksi
GAMBARAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN PADA PASIEN PESERTA JKN DI PUSKESMAS
Prodi | : D3 ASURANSI KESEHATAN |
Pengarang | : LIANA LULU FAUZIAH |
Dosen Pembimbing | : A.A. Istri Citra Dewiyani, SKM., MARS |
Klasifikasi/Subjek | : , |
Penerbitan | : , Malang: 2021. |
Bahasa | : Bahasa Indonesia |
PENYIMPANAN | |
Lokasi | : --- |
Jumlah | : 1 |
Abstraksi
Latar Belakang : Program JKN akan berjalan maksimal jika diiringi kualitas pelayanan kesehatan yang baik oleh penyedia layanan kesehatan. Seringkali masih banyak keluhan masyarakat Indonesia (pasien peserta JKN) terkait pelayanan kesehatan yang diberikan oleh puskesmas. Metode : Studi ini dilakukan untuk mengetahui gambaran kualitas pelayanan kesehatan pada pasien peserta JKN di puskesmas. Dengan menggunakan keyword (kualitas pelayanan kesehatan pada pasien peserta JKN di puskesmas). Dilakukan seleksi melalui judul dan abstak mendapatkan 6 artikel diambil dari data base GoogleSchoolar dengan memerhatikan PICOS framework, kemudian artikel dianalisis satu persatu. Hasil : Kualitas pelayanan kesehatan di puskesmas dilihat dari lima dimensi menunjukkan : Tangibles (Bukti Fisik) sebagian besar sarana prasarana sudah memadai. Walaupun, beberapa puskesmas kondisinya masih kurang baik seperti ruang tunggu sempit, serta kurangnya persediaan obat-obatan. Responsiveness (Daya Tanggap) sebagian besar pegawai puskesmas cepat tanggap. Namun, terdapat puskesmas masih lambat di pendaftaran. Reliability (Kemampuan) hasilnya puas, pegawai puskesmas sudah memberikan pelayanan tepat waktu. Assurance (Jaminan) seluruhnya puas bahwa pegawai puskesmas sudah memberikan perlindungan jaminan pelayanan, dan Empathy (Empati) pegawai puskesmas sudah bersikap tegas, tetapi penuh perhatian. Kesimpulan : Gambaran kualitas pelayanan kesehatan dilihat dari lima dimensi meliputi : Tangibles (Bukti Fisik), Responsiveness (Daya tanggap), Reliability (Kemampuan), Assurance (Jaminan), dan Empathy (Empati) menunjukkan gambaran kualitas pelayanan kesehatan pada pasien peserta JKN di puskesmas mendapatkan pelayanan yang memuaskan, walaupun ada beberapa puskesmas masih memiliki kekurangan.