Karya Tulis Ilmiah
Informasi Detail koleksi
PENGARUH MEDIA PROMOSI KESEHATAN JINGLE TERHADAP PENGETAHUAN PENCEGAHAN COVID-19 PADA KELOMPOK GRJB (GERAKAN REMAJA JAJANGSURAT BERSATU) DI DESA KARANG BENDO DUSUN JAJANG SURAT KECAMATAN ROGOJAMPI KABUPATEN BANYUWANGI
Prodi | : SARJANA TERAPAN PROMOSI KESEHATAN |
Pengarang | : FANNY COSLA PRANATA |
Dosen Pembimbing | : (Utama) Sri Winarni, S.Pd.,M.Kes (Pendamping) Drs. M.Zainol Rachman, SST.,M.Kes |
Klasifikasi/Subjek | : , |
Penerbitan | : , Malang: 2021. |
Bahasa | : Bahasa Indonesia |
PENYIMPANAN | |
Lokasi | : --- |
Jumlah | : 1 |
Abstraksi
Coronavirus merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit saluran pernapasan manusia, Karena banyaknya informasi yang masuk melalui berbagai media, peneliti menjadikan informasi menggunakan jingle serta pesan yang tersampaikan dapat diterima dengan khas yang berbeda. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui Efektifitas media promosi kesehatan jingle terhadap pengetahuan pencegahan covid-19 pada kelompok GRJB (Gerakan Remaja Jajang Surat Bersatu) di Desa Karang Bendo Dusun Jajang Surat Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode One – Group Pretest – Posttest Design. One-group Pretest-Prottest Design ini termasuk ke dalam penelitian Pre-Experimental Designs (nondesign). Total sampel 30 responden. Kriteria inklusi responden berusia 16-28 tahun dan tergabung dalam keanggotaan kelompok GRJB (Gerakan Remaja Jajang Surat Bersatu). pengambilan data menggunakan kuisioner secara langsung dan bentuk intervensi dengan cara mendengarkan jingle kepada responden selama 4 menit. Hasil penelitian tingkat pengetahuan diketahui terdapat peningkatan sebanyak 3,3% dapat disimpulkan bahwa terjadi perubahan pengetahuan kepada responden setelah dilakukan intervensi. Uji hipotesis menggunakan uji wilcoxon didapatkan ada pengaruh jingle terhadap pengetahuan Kelompok GRJB (H1 diterima ). Dari penelitian ini hanya mengukur tingkat pengetahuan responden, akan lebih baik jika dilanjutkan untuk mengukur sikap responden.