Karya Tulis Ilmiah
Informasi Detail koleksi
GAMBARAN KEPUASAN PENGGUNA JKN KELAS 3 PUSKESMAS NGADIROJO KABUPATEN PACITAN
Prodi | : D3 ASURANSI KESEHATAN |
Pengarang | : SAFIRA DWI SANTOSO |
Dosen Pembimbing | : Ngesti W Utami, S.Kp, M.Pd. |
Klasifikasi/Subjek | : , |
Penerbitan | : , Malang: 2021. |
Bahasa | : Bahasa Indonesia |
PENYIMPANAN | |
Lokasi | : --- |
Jumlah | : 1 |
Abstraksi
Jaminan Kesehatan merupakan program jaminan sosial yang diselenggarakan secara nasional berdasarkan prinsip asuransi sosial dan prinsip ekuitas dengan tujuan menjamin agar peserta memperoleh manfaat pemeliharaan kesehatan dan perlindungan dalam memenuhi kebutuhan dasar kesehatan. Produk dari kepuasan ditujukan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna JKN Kelas 3 di puskesmas Ngadirojo serta dapat memberikan penilaian dan evaluasi terhadap fasilitas dan kegiatan yang bersangkutan dalam lingkungan puskesmas. Metode yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kuantitatif yang mencakup 30 responden. Untuk mengetahui Kepuasaan Pengguna JKN Kelas 3 Puskesmas Ngadirojo yang berdasar pada tangible, daya tanggap, jaminan, empati, dan kemampuan. Populasi dari penelitian ini yaitu 94 pasien JKN kelas 3 di Puskesmas Ngadirojo. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode deskriptif, minimal 10% populasi, untuk populasi yang relatif kecil minimal 20%, sedangkan untuk penelitian korelasi diperlukan sampel sebesar 30 responden. Untuk penelitian eksperimen dan komparatif diperlukan sampel 30 responden untuk setiap kelompok yang akan dibandingkan. Untuk hasil yang didapat Berdasarkan reliability di Puskesmas Ngadirojo 30 responden memilih puas. Kemudian untuk responsivess diketahui bahwa 73% responden merasa puas terhadap tenaga medis yang menerima dan melayani dengan baik. Semua respoden yang terlibat dalam penelitian ini dan setelah diolah kembali dalam semua aspek yang digunakan untuk penelitian ini telah sesuai dengan harapan dan semua responden merasa puas. Selanjutnya untuk menjaga kepuasan pasien tetap melakukan peningkatan dan pembenahan pada fasilitas yang ada dengan dilakukan evaluasi melalui survei kepuasan pasien yang dilakukan setiap bulanterkait kualitas pelayanan dan perlu dilakukan rotasi petugas untuk peningkatan kualitas pelayanan.