Karya Tulis Ilmiah



EFEKTIVITAS TEKNIK MOZAIK DAN TERAPI PUZZLE TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS DAN PERKEMBANGAN EMOSIONAL PADA ANAK USIA PRASEKOLAH

Prodi : Sarjana Terapan Keperawatan Malang
Pengarang : MAHARANI ERSA FADHILAH
Dosen Pembimbing : (Utama) Dr. Erlina Suci A., S.Kep., Ns., M.Kep. (Pendamping) Sulastyawati, S.Kep.,Ns.,M.Kep.
Klasifikasi/Subjek : ,
Penerbitan : , Malang: 2023.
Bahasa : Bahasa Indonesia
PENYIMPANAN
Lokasi : ---
Jumlah : 1

Abstraksi

Perkembangan motorik halus dan perkembangan emosional belum berkembang dengan baik sehingga perlu adanya terapi untuk mendukung perkembangan anak usia prasekolah salah satunya terapi bermain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas teknik mozaik dan terapi puzzle terhadap perkembangan motorik halus dan perkembangan emosional pada anak usia prasekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan desain penelitian pre-test and post-test with control group design. Subjek penelitian ini adalah anak usia prasekolah dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sebanyak 39 anak yang terbagi dalam 3 kelompok. Penelitian ini menggunakan uji Wilcoxon untuk melihat pre-post pada perkembangan motorik halus dan uji McNemar untuk melihat pre-post perkembangan emosional. Hasil penelitian menunjukan setelah dilakukan intervensi selama 4 kali seluruh responden pada kelompok mozaik mengalami perkembangan motorik halus dengan p-values = 0,004 dan perkembangan emosional dengan p-values = 0,016, pada kelompok puzzle mengalami perkembangan motorik halus dengan p-values = 0,001 dan perkembangan emosional dengan p-values = 0,001, karena p-values <α (0,05) maka H0 ditolak dan H1 diterima, hal ini berarti terdapat pengaruh yang bermakna terhadap perkembangan motorik halus dan perkembangan emosional sebelum dan setelah diberikan teknik mozaik dan terapi puzzle. Efektivitas dari terapi dilakukan dengan uji Chi-square. Terapi puzzle dinilai paling efektif terhadap perkembangan motorik halus (92,30%) dan perkembangan emosional (84,61%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara teknik mozaik dan terapi puzzle terhadap perkembangan motorik halus dan emosional pada anak usia prasekolah dan terapi puzzle menjadi terapi paling efektif. Peneliti selanjutnya disarankan meneliti teknik bermain lainnya.



Lampiran

[ Sampul Depan ]

File Lembar Keaslian : [ Unduh ]

File Lembar Persetujuan : [ Unduh ]

File Lembar Pengesahan : [ Unduh ]

File Abstraksi : [ Unduh ]

File Kata Pengantar : [ Unduh ]

File Daftar Isi : [ Unduh ]

File BAB-1 : [ Unduh ]

File BAB-2 : [ Unduh ]

File BAB-3 : [ Unduh ]

File BAB-5 : [ Unduh ]

File Daftar Pustaka : [ Unduh ]

File Lampiran : [ Unduh ]